Menuju konten
HUT ke-74 Republik Indonesia

Ada Kejutan di Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI

Cuplikan video

Rangkaian acara Bulan Kemerdekaan pada tahun ini akan segera mencapai puncaknya pada 17 Agustus 2019 esok. Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang dipusatkan di halaman Istana Merdeka, Jakarta, menjadi puncak rangkaian acara tersebut.

Dalam beberapa tahun ke belakang, acara puncak tersebut selalu dikemas dengan sesuatu yang baru. Pun pada tahun ini, pihak Istana juga telah mempersiapkan suatu hal yang berbeda dari sebelum-sebelumnya.

“Ada kejutan di sana. Nanti kita lihat saja besok,” ujar Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tersebut akan dimulai dengan kirab bendera pusaka dan teks asli naskah proklamasi yang dimulai dari Monumen Nasional hingga Istana Merdeka. Penampilan-penampilan lainnya juga telah dipersiapkan untuk memeriahkan suasana.

Pihak panitia mempersiapkan 11.000 kursi bagi para tamu undangan yang menyaksikan langsung peringatan tersebut ke Istana. Dari jumlah tersebut, sebanyak 30 persen dialokasikan bagi unsur pemerintah, sedangkan 70 persen lainnya dialokasikan untuk masyarakat. Adapun pada upacara di sore harinya, sebanyak 13.000 kursi untuk para tamu undangan telah dipersiapkan.

“Pak Jokowi ingin lebih banyak lagi masyarakat yang hadir di sini dan menikmati acara 17 Agustus,” ucap Bey.

(BPMI Setpres)