Menuju konten
Rangkaian Pidato Kenegaraan Presiden

Presiden Akan Sampaikan Pidato di Sidang Tahunan MPR

Presiden Akan Sampaikan Pidato di Sidang Tahunan MPR

Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo saat tiba di Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Jumat, 16 Agustus 2019. Keduanya disambut oleh Ketua MPR Zulkifli Hasan dan Sekretaris Jenderal MPR Ma’ruf Cahyono. Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev

Presiden Joko Widodo pagi ini, Jumat, 16 Agustus 2019, akan menyampaikan pidato pada Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2019 yang akan digelar di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Jakarta.

Tiba di Gedung Nusantara sekitar pukul 07.56 WIB, Presiden Jokowi tampak didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Keduanya disambut oleh Ketua MPR Zulkifli Hasan dan Sekretaris Jenderal MPR Ma’ruf Cahyono.

Presiden Joko Widodo beserta Ibu Iriana dan Wakil Presiden Jusuf Kalla beserta Ibu Mufidah berfoto bersama dengan para pimpinan lembaga negara sebelum memasuki Ruang Rapat Paripurna I. Sebelum Presiden Jokowi menyampaikan pidatonya, Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2019 akan terlebih dahulu dibuka oleh Ketua MPR.

Setelah berpidato pada Sidang Tahunan MPR, Presiden akan menyampaikan pidato kenegaraan dalam rangka HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia. Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang akan terlebih dahulu membuka Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI, sebelum Presiden berpidato.

Pada siang harinya, Presiden akan berpidato dalam rangka Penyampaian RUU APBN Tahun Anggaran 2020 disertai Nota Keuangan dan Dokumen Pendukungnya. Pidato tersebut akan disampaikan pada Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR RI Tahun Sidang 2019-2020 yang akan dibuka oleh Ketua DPR RI Bambang Soesatyo.

Sidang Tahunan MPR Tahun 2019 ini juga dihadiri oleh antara lain, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Wakil Presiden ke-6 RI Try Sutrisno, Wakil Presiden ke-9 Hamzah Haz, Istri Presiden ke-4 RI Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid, Wakil Presiden Terpilih 2019-2024 K.H. Ma’ruf Amin, sejumlah Menteri Kabinet Kerja, pimpinan lembaga negara, dan tokoh masyarakat.

(BPMI Setpres)