Menuju konten

Presiden Jokowi Imbau Masyarakat di Sekitar Tangkuban Parahu Tetap Tenang dan Waspada

Presiden Jokowi Imbau Masyarakat di Sekitar Tangkuban Parahu Tetap Tenang dan Waspada

Presiden Joko Widodo saat memberikan keterangan pers terkait erupsi Gunung Tangkuban Parahu di Kawasan Menteng, Jakarta, pada Jumat, 26 Juli 2019. Foto: BPMI Setpres

Presiden Joko Widodo mengimbau masyarakat yang berada di sekitar kawasan Gunung Tangkuban Parahu, Jawa Barat, untuk tetap tenang sekaligus meningkatkan kewaspadaan. Hal itu seiring dengan terjadinya erupsi di gunung tersebut pada pukul 15:48 WIB sebagaimana hasil pantauan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dari pos pengamatan Gunung Tangkuban Parahu.

“Masyarakat di sekitar Gunung Tangkuban Parahu (agar) waspada,” ujar Presiden pada Jumat, 26 Juli 2019, di kawasan Menteng, Jakarta.

Presiden juga mengingatkan masyarakat untuk mengikuti prosedur dan arahan yang disampaikan oleh petugas berwenang yang berada di lokasi untuk alasan keselamatan dan keamanan.

“Ikuti semua yang disampaikan oleh aparat dan petugas,” tuturnya.

Terkait perkembangan aktivitas gunung berapi tersebut, PVMBG melalui siaran pers yang disampaikan Plh. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta masyarakat sekitar, wisatawan, dan para pendaki untuk tidak mendekati kawasan Gunung Tangkuban Parahu untuk sementara waktu.

“PVMBG meminta masyarakat, pengunjung, wisatawan dan pendaki yang berada di sekitar Gunung Tangkuban Parahu agar tidak menginap dalam kawasan kawah-kawah aktif yang ada di dalam kompleks dan dilarang turun mendekati dasar Kawah Ratu dan Kawah Upas,” ucapnya dalam keterangan tertulis.

(BPMI Setpres)