Menuju konten

Presiden Jokowi Pimpin Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-58

Presiden Jokowi Pimpin Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-58

Presiden Joko Widodo saat menganugerahkan tanda penghargaan Gerakan Pramuka kepada para penerima, pada upacara peringatan Hari Pramuka ke-58 yang digelar di Lapangan Utama, Bumi Perkemahan Wiladatika, Cibubur, Jakarta Timur, Rabu sore, 14 Agustus 2019. Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr.

Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo menghadiri upacara peringatan Hari Pramuka ke-58 yang dihelat di Lapangan Utama, Bumi Perkemahan Wiladatika, Cibubur, Jakarta Timur, Rabu sore, 14 Agustus 2019. Presiden yang juga merupakan Ketua Majelis Pembimbing Nasional (Mabinas) Gerakan Pramuka bertindak sebagai pembina upacara.

Setibanya di lokasi, Presiden dan Ibu Iriana disambut oleh Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Budi Waseso dan Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri. Presiden kemudian langsung berjalan menuju mimbar kehormatan.

Dalam amanatnya, Presiden mengucapkan selamat ulang tahun ke-58 kepada seluruh jajaran Gerakan Pramuka, mulai dari anggota hingga pembina dan pengurus Gerakan Pramuka di seluruh Tanah Air, serta di kantor-kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri.

“Terima kasih karena terus menjadi patriot yang setia kepada nusa dan bangsa,” kata Presiden.

Tema Hari Pramuka ke-58 ini adalah “Bersama Segenap Komponen Bangsa, Gerakan Pramuka Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI”. Menurut Presiden, tema ini sangat tepat untuk menyikapi situasi dan dinamika kehidupan berbangsa dan bernegara saat ini.

Sebelum menyampaikan amanatnya, Presiden Jokowi dianugerahkan penghargaan Tunas Kencana oleh Ketua Kwarnas Budi Waseso. Lencana Tunas Kencana merupakan penghargaan tertinggi Gerakan Pramuka bagi orang dewasa.

“Saya menerima penghargaan ini sebagai bagian dari posisi saya sebagai Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka yang siap membimbing dan mengarahkan agar Gerakan Pramuka terus tumbuh dan berkembang di Tanah Air kita, menjaga dasar negara kita, dan merawat persatuan bangsa Indonesia,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Presiden juga menganugerahkan tanda penghargaan Gerakan Pramuka kepada delapan penerima. Lencana Teladan diberikan kepada empat anggota Gerakan Pramuka, masing-masing satu orang dari setiap tingkat mulai dari Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak, dan Pandega.

Lencana Melati diberikan kepada dua orang, masing-masing kepada Ketua Pimpinan Saka Wanabakti dan Saka Kalpataru Tingkat Nasional Bambang Hendroyono, dan kepada Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Papua Barat Mohammad Lakotani.

Adapun untuk Lencana Darmabakti diberikan kepada Ketua Majelis Pembina Cabang (Mabicab) Bolaang Mongondow Yasti Soepredjo Mokoagow. Sementara untuk Lencana Pancawarsa Utama diberikan kepada Pembina Gugus Depan (Gudep) Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Padang Nurhayati Alif.

Rangkaian peringatan Hari Pramuka ke-58 ditutup dengan persembahan atraksi keterampilan kepramukaan oleh Saka Bhayangkara, Saka Wira Kartika, dan Saka Dirgantara.

Turut hadir dalam upacara peringatan Hari Pramuka ke-58 antara lain, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

(BPMI Setpres)