Menuju konten

Presiden Lewatkan Malam Pergantian Tahun di Titik Nol Kilometer Yogyakarta

Presiden Lewatkan Malam Pergantian Tahun di Titik Nol Kilometer Yogyakarta

Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr.

Presiden Joko Widodo melewatkan malam pergantian tahun bersama masyarakat di Kota Yogyakarta, pada Selasa, 31 Desember 2019. Kepala Negara menyapa ribuan warga dan wisatawan yang memadati titik nol kilometer.

Jarum jam menunjukkan pukul 23.45 WIB saat Presiden berjalan keluar dari Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta. Presiden yang mengenakan jaket merah tampak ditemani putra bungsunya, Kaesang Pangarep.

Lautan massa memadati jalan Malioboro dan sekitarnya saat Presiden berjalan menuju titik nol kilometer. Masyarakat yang telah berada di sekitar area Istana Yogyakarta sejak petang hari tampak antusias untuk menyapa Kepala Negara.

Selain bersama Kaesang, Presiden tampak ditemani Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi, dan Kapolda DIY Irjen Pol Asep Suhendar.

Setelah selama kurang lebih sepuluh menit di titik nol kilometer, Presiden kembali menuju Istana Yogyakarta. Dalam perjalanan pulang, Presiden kembali menyempatkan untuk bersalaman dan berswafoto dengan masyarakat.

Satu hal yang cukup unik, Presiden memberi kesempatan bagi anak-anak yang berada di tengah massa untuk bersalaman. Di halaman Istana Yogyakarta, sejumlah anak berbaris rapi lalu bersalaman dengan Kepala Negara. Beberapa mengeluarkan gawainya untuk berfoto bersama dengan latar belakang Istana Yogyakarta.

Sebelumnya, saat memberikan keterangan kepada media, Presiden menyebut tahun 2020 akan penuh dengan tantangan sekaligus peluang. Untuk itu, ia mengajak semua pihak untuk menyongsong tahun 2020 dengan optimisme dan kerja keras.

“Saya meyakini dengan sebuah optimisme, dengan sebuah kerja keras kita dan modal besar kita, kerukunan, persatuan kita sebagai sebuah bangsa besar, saya meyakini insyaallah nanti di 2020 akan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya,” ungkapnya.

(BPMI Setpres)