Menuju konten

Keterangan Pers Presiden Republik Indonesia Mengenai Bencana Banjir

Wartawan:
Terkait dengan maraknya banjir yang ada di mana-mana Pak?

Presiden RI:
Pertama, urusan banjir. Yang paling penting ini adalah yang berkaitan dengan keselamatan warga, dinomorsatukan. Jadi BNPB, pemerintah provinsi, SAR semuanya harus segera bergerak bersama-sama untuk memberikan rasa aman, memberikan keselamatan kepada warga yang terkena bencana banjir. Itu yang pertama.

Yang kedua, yang berkaitan dengan normalisasi untuk fasilitas-fasilitas umum karena ini sudah masuk di Jakarta sudah masuk ke  Halim (Bandara Halim Perdanakusuma), beberapa sudah masuk ke tol Cikampek, kemudian juga di beberapa objek vital. Saya kira ini harus segera dinormalisasi sehingga fungsi-fungsi itu kembali menjadi normal.

Kemudian yang ketiga, yang paling penting juga pemerintah pusat, pemerintah provinsi harus bekerja bersama-sama dalam menanggulangi ini, terutama yang berkaitan dengan urusan-urusan banjir karena pemerintah pusat memang ini baru dalam proses dan belum selesai, misalnya waduk Cimahi, waduk Ciawi, mungkin baru tahun depan selesai. Tetapi di luar itu, semuanya harus dikerjakan.

Saya tadi sudah perintah Menteri PU untuk cek lapangan. Ya.

Wartawan:
Himbauan untuk warga?

Presiden RI:
Hati-hati

Wartawan:
Terima kasih Bapak.