Menuju konten

Keterangan Pers Presiden Republik Indonesia Mengenai Situasi Terkini di Papua

Wartawan:
Pak Jokowi selamat malam, selamat malam Pak.

Presiden RI:
Ya, jadi saya terus mengikuti dan juga saya sudah mendapatkan laporan situasi terkini di Papua, pada khususnya di Jayapura. Dan saya minta masyarakat juga tenang, tidak melakukan tindakan-tindakan yang anarkis karena kita semuanya akan rugi apabila ada fasilitas-fasilitas umum, fasilitas-fasilitas publik, fasilitas-fasilitas masyarakat yang kita bangun bersama menjadi rusak atau dirusak.

Saya juga telah memerintahkan, sebetulnya tadi malam sudah saya perintahkan kepada Menkopolhukam pada saat rapat di Istana bersama Kapolri, Kepala BIN, dan Panglima TNI untuk mengambil tindakan tegas terhadap siapapun yang melanggar hukum dan pelaku tindakan anarkis serta rasialis.

Saya, perlu saya sampaikan juga bahwa saya, pemerintah akan terus berkomitmen untuk memajukan Papua, baik di bidang fisik maupun SDM agar kita semuanya, utamanya khususnya mama-mama, pace, mace, anak-anak Papua semuanya bisa lebih maju dan lebih sejahtera.

Dan mari kita semuanya menjaga agar Tanah Papua tetap menjadi sebuah wilayah yang damai, tanah yang damai.

Dan saya mengajak kepada semua ketua dan tokoh-tokoh adat, ketua dan tokoh-tokoh agama, kaum muda Papua untuk mewujudkan Papua yang maju dan tetap damai.

Sekali lagi, mari kita jaga Tanah Papua sebagai sebuah tanah yang damai.

Wartawan:
Pak kalau pendekatan keamanan yang selama ini diambil, apakah juga akan ada evaluasi atas pendekatan keamanan itu?

Presiden RI:
Ya semuanya, semuanya akan kita evaluasi.

Wartawan:
Rencana untuk bertemu dengan para kepala suku dan tokoh-tokoh masyarakat Papua?

Presiden RI:
Ya kita sudah berusaha tetapi waktunya saja yang… Sebetulnya minggu ini kita kita kan bertemu, kita rencanakan tetapi masih belum memungkinkan sehingga akan kita lakukan dalam waktu yang secepat-secepatnya untuk bisa bertemu dengan para, baik tokoh muda, baik tokoh adat, baik tokoh masyarakat, dan tokoh agama. Ya.

Wartawan:
Terima kasih Pak.