Menuju konten

Keterangan Pers Presiden Republik Indonesia Seusai Meninjau Pasar Wouma, Wamena

Wartawan:
Setelah melihat kondisi pasar Wouma ini bagaimana, Pak?

Presiden RI:
Ya, Wouma ini kan merupakan pasar di mana rakyat/masyarakat menjual produk-produk pertanian yang dihasilkan oleh masyarakat di sekitar, di Wamena dan di sekitar Wamena, baik itu dalam bentuk sayur, dalam bentuk buah-buahan, dan juga barang-barang logistik yang diperlukan masyarakat Wamena dan sekitarnya. Sehingga ini kita berikan prioritas, didahulukan. Tadi saya sudah berikan target dua minggu rampung. Dikerjakan oleh Zeni, selesai. Insyaallah selesai dua minggu.

Wartawan:
Dua minggu sudah bisa beroperasi Pak ya?

Presiden RI:
Sudah langsung bisa dipakai sehingga kegiatan ekonomi yang berada di pasar ini kembali pulih secepat-cepatnya.

Wartawan:
Pak Presiden untuk rumah warga dan ruko yang di luar?

Presiden RI:
Tadi saya sudah juga perintah. Rumah warga juga ruko, rumah-rumah warga juga dalam waktu dekat ini dikerjakan, tapi swakelola sehingga juga akan cepat. Ini kita pengin semuanya dikerjakan cepat, kembali semuanya normal, ekonomi juga bergerak kembali normal. Saya kira itu yang kita harapkan di Wamena, ya. 

Wartawan:
Pak Jokowi proses pembangunan pasar ini dikerjakan oleh siapa, Pak?

Presiden RI:
Dikerjakan oleh Zeni, oleh Zeni bekerjasama dengan BUMN. Jadi ini memang apa… Ya dilihat lah nanti, dua minggu, kerja cepat betul selesai, ya.

Ya, bukan hanya ekonomi di Wamena dan sekitarnya kita harapkan di Tanah Papua juga sama. Saya kemarin cek beberapa di Papua Barat, di sini, akan normal kembali, ya. 

Wartawan:
Ada pesan untuk masyarakat Wamena, imbauan, Pak?

Presiden RI:
Ya kita dari pengalaman-pengalaman empiris harus kita jadikan sebuah pelajaran yang baik bagi kita semuanya, bagi kita semuanya. Kita semuanya juga harus pegang yang namanya komitmen. Komitmen ini semuanya juga. Kalau yang berada di sini semuanya memegang komitmen untuk tetap selalu bersatu bersama-sama membangun Tanah Papua, saya kira kesejahteraan dan kemakmuran akan cepat kita peroleh, ya.

Wartawan:
Pak, untuk Kantor Bupati sendiri Pak?

Presiden RI:
Kantor Bupati nanti yang mengerjakan dari Kementerian PU, masih dalam proses. Tetapi itu nomor dua/nomor tiga, yang didahulukan hal-hal yang berkaitan dengan ekonomi rakyat dulu, ya. Tapi juga dikerjakan, tapi ini didahulukan dulu, ya.

Wartawan:
Anggarannya Pak untuk renovasi?

Presiden RI:
Yang penting cepat dikerjakan, anggarannya dari PU. Tanya ke Pak Menteri PUPR.

Wartawan:
Penegasan untuk keamanan Pak Presiden? Penegasan terkait masalah kondisi keamanan di wilayah Papua maupun di Wamena ini?

Presiden RI:
Ya saya kira aparat TNI dan Polri siap menjamin keamanan agar roda ekonomi yang ada kembali normal, ya. Ya negara ini adalah negara… Indonesia negara besar jadi kalau ada masalah, ada problem ya akan kita selesaikan. Yang paling penting masalahnya selesai, ya

Wartawan:
Terima kasih, Pak.