Menuju konten

Keterangan Pers Presiden Republik Indonesia Seusai Menjenguk Bapak Wiranto

Presiden RI:
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Tadi hanya beberapa menit setelah kejadian penusukan dengan pisau oleh teroris kepada Menkopolhukam Bapak Wiranto, saya langsung mendapatkan laporannya dan saat itu juga saya langsung perintahkan yang ada di lapangan untuk segera dibawa dengan heli menuju ke Jakarta, menuju ke RSPAD.

Dan saat ini, beliau, Bapak Wiranto, masih dalam penanganan oleh tim dokter di RSPAD dalam proses operasi dan pada kesempatan ini saya mohon doa restu seluruh masyarakat, seluruh rakyat Indonesia, agar beliau segera diberikan kesembuhan, cepat kembali pulih.

Dan saya juga tadi siang langsung saya perintahkan juga kepada Kapolri, kepada Ka.BIN, didukung oleh TNI, untuk mengusut tuntas, sekali lagi mengusut tuntas dan menindak tegas terhadap pelaku dan seluruh jaringan yang terkait dengan peristiwa tadi siang.

Dan kepada seluruh masyarakat, kami mengajak bersama-sama untuk memerangi radikalisme, memerangi terorisme yang ada di Tanah Air kita. Hanya dengan upaya kita bersama-sama, terorisme dan radikalisme akan bisa kita selesaikan dan kita berantas dari negara yang kita cintai ini.

Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan.

Wartawan:
Kondisi terakhir Pak Wiranto seperti apa, Pak? Apakah sudah sadar atau tidak? Kondisi terakhir Pak Wiranto?

Presiden RI:
Ya, Pak Wiranto masih pada kondisi sadar. Tetapi sekarang dalam proses dioperasi, ya.

Wartawan:
Pak, apakah ada penambahan pengamanan untuk menjelang pelantikan Bapak minggu depan?

Presiden RI:
Enggak, yang paling penting jaringan ini harus dikejar dan dituntaskan, diselesaikan.

Wartawan:
Pak, bagaimana kondisi pengamanan pasca serangan terhadap Pak Wiranto?

Presiden RI:
Iya nanti saya sudah perintahkan juga ke Kapolri itu untuk lebih diberikan pengamanan yang lebih baik. Nanti untuk urusan yang berkaitan dengan operasi dan lain-lainnya nanti disampaikan oleh dr.Terawan.