Menuju konten

Keterangan Pers Presiden Republik Indonesia Seusai Peninjauan Pasar Irai, Kabupaten Pegunungan Arfak

Presiden RI:
Hari ini saya berkunjung ke Pegunungan Arfak, yang intinya karena masukan dari Pak Gubernur, dari Pak Bupati yang membutuhkan infrastruktur jalan. Sehingga produk-produk pertanian yang ada di Pegunungan Arfak bisa dibawa ke Manokwari dan dibawa ke provinsi-provinsi yang lain. Karena di sini memang produk-produk pertanian sangat banyak sekali. Tadi kentang, ada wortel, ada kol, ada bunga-bungaan…

Ibu Negara:
Ini bunga asli, tapi kayak plastik.

Presiden RI:
…dan ini, apa, akan bisa berkembang kalau bisa dijual ke provinsi-provinsi yang lain. Dan untuk menjual ke provinsi lain dibutuhkan sarana infrastruktur yang memadai.

Dan tadi sudah saya sampaikan, ada 139 kilometer jalan yang akan segera dibangun dan diperbaiki. Yang kedua juga airport, yang dalam dua tahun ini akan kita selesaikan.

Wartawan:
Apa lagi yang akan dibangun di Pegunungan Arfak ini, Pak?

Presiden RI:
Termasuk di dalamnya pasar, pasar juga akan kita selesaikan. Dan tadi Pak Mendagri sudah saya perintahkan untuk juga ikut membantu pembangunan kantor kabupaten, kantor-kantor untuk mendukung Kabupaten yang belum selesai. Ya, itu saja.

Wartawan:
ini pertama kalinya ya, Pak, kunjungan ke Kabupaten Pegunungan Arfak?

Presiden RI:
Ya, ini pertama kali kunjungan saya ke Pegunungan Arfak dan saya kaget sekali, dari atas sangat indah, sangat cantik danaunya, dan juga alamnya.

Wartawan:
Persoalan tentang HAM di Papua, Pak?

Presiden RI:
Nanti, coba ditanyakan ke Pak Menkopolhukam, ya. Saya sudah perintahkan di sana untuk diselesaikan satu per satu.

Wartawan:
Untuk pengembangan destinasi Pariwisata, Pak? Pengembangan nanti bagaimana, destinasi baru?

Presiden RI:
Ya, dilihat nanti Pak Menteri Pariwisata, biar melihat ke sini. Yang jelas, kalau kita lihat dari atas keindahannya sangat-sangat bagus sekali. Ya, terima kasih. Itu saja.

Wartawan:
Janji Pak Jokowi untuk pemekaran dua provinsi, Pak?

Presiden RI:
Saya menunggu, saya menunggu usulan dari bawah. Ini bukan dari atas ke bawah, tapi dari bawah. Nanti usulannya ke saya seperti apa, kalau sudah sampai ke saya baru akan segera kita putuskan.

Wartawan:
Pak, Papua adalah provinsi pertama setelah dilantik, Pak?

Presiden RI:
Ya, ini adalah kunjungan pertama saya sejak dilantik, adalah Tanah Papua. Papua Barat dan besok ke Papua.