Menuju konten

Peninjauan Desa Ulos

Presiden RI:
Ya. Sudah lihat semua kan? Ini pekerjaan besar, pekerjaan besar, kita akan kerjakan satu-satu. Jadi yang pertama tadi, untuk desa ulos tadi, akan mulai kapan Pak Menteri PU? Desa ulos kapan mulai?

Menteri PU:
Tahun ini Pak

Presiden RI:
Tahun ini, dimulai atau dirampungin?

Menteri PU:
Melatih tukangnya dulu Pak.

Presiden RI:
Tahun ini dimulai lah karena memperbaiki kemudian memindahkan bangunan yang tidak sesuai dengan desa ulos tadi, desa adat tadi, sehingga betul-betul menjadi sebuah, saya kira, menjadi sebuah tempat tujuan wisata yang menurut saya sangat menarik sekali.

Kemudian di sini yang pantai pasir putih, Situngkir, ini memiliki bayangan yang menyangkut investasi yang gede sekali. Menyangkut investasi yang gede sekali. Nanti biar dibuatin masterplan-nya dulu, dihitung, baru kita bicara. Saya belum punya bayangan, kelihatan gede sekali.

Tapi ya inilah, step-step yang terus akan kita kerjakan agar kawasan Danau Toba itu betul-betul jadi sebuah kawasan wisata yang kelasnya super. Meskipun sekarang sudah, tapi ini akan. kalau kita lebih detailkan lagi saya kira potensi untuk menjadi kawasan wisata yang kelasnya super, saya kira sangat besar sekali. Bandaranya siap, infrastruktur sudah dimulai dikerjakan, terus nanti yang tadi di Sibisa tadi juga investasi nanti didorong ke sana.

Saya kira kalau lihat Pak Bupati, contoh di Pulau Samosir, peningkatan PAD dengan Bandara Silangit dibuka, dipromosikan, sudah berapa?


Bupati Samosir:
Delapan puluh satu persen Pak, naiknya PAD-nya. Sektor pariwisata.

Wartawan:
Boleh disebutkan angkanya Pak, tepatnya angkanya dari berapa ke berapa?

Bupati Samosir:
Dari Rp.34 miliar ke Rp.54 miliar, kurang lebih. Dari pariwisata.

Presiden RI:
Ini gede banget, untuk daerah di sini saya kira bagus.

Wartawan:
Ada bantuan untuk masyarakat untuk akses pendanaan, tadi banyak ngobrol dengan masyarakat?

Presiden RI:
Ya tadi. Nanti mulai rehab rumah, mulai menata kawasan di desa ulos tadi, saya kira yang paling penting untuk memperbaiki, merestorasi, ada panduan lah dari Kementerian PU, dari arsitek sehingga betul-betul menjadi sebuah kawasan yang memang sangat layak untuk  dikunjungi. Karena tadi kegiatannya menurut saya sangat menarik sekali, kegiatan-kegiatan seperti itu.

Jadi selain keindahan alamnya, nanti bisa juga untuk meeting yang tadi juga akan dimulai investasinya. Ada wisata budaya untuk kain ulos, ada wisata religi tadi di Tapanuli Utara tadi, Siborong-borong ke sana tadi. Ya itu hitungannya, yang sudah kita hitung 28 titik.

Wartawan:
Terima kasih Pak.