Menuju konten

Peresmian Tol Trans-Sumatra Ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamualaikum Warahmatulah Wabarakatuh,

Para Bupati, Bapak/Ibu sekalian yang saya hormati,
Tol dari ruas Pematang Panggang sampai Kayu Agung ini sepanjang totalnya 189 kilometer. Ini adalah jalan tol terpanjang yang pernah saya resmikan dan kita harapkan nanti akan disambung lagi dari Kayu Agung ke Palembang, dan Palembang ke Betung di Banyuasin.

Apa artinya jalan tol ini? Artinya satu, penciptaan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru.

Yang kedua, menciptakan perbaikan jaringan logistik yang lebih baik.

Yang ketiga, memberikan fasilitas kepada produksi. Artinya, di sini kalau ada karet, ada sawit, ada ikan, ini akan mempercepat, memberikan fasilitasi kepada produksi-produksi, sentra-sentra produksi yang ada.

Yang keempat, yang paling penting, yang kadang-kadang rakyat tidak merasakan yaitu penciptaan lapangan kerja. Tol sepanjang ini, tidak mungkin semuanya dikerjakan oleh mesin. Kerjanya, supervisinya, pasti dibutuhkan.

Dan yang kelima, yang berkaitan dengan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Jadi jalan tol bukan hanya di Jawa saja. Dan kita harapkan nanti, dari Lampung menuju ke atas sampai di Aceh, kita perkirakan insyaallah di 2024, sepanjang 2.700 kilometer akan bisa kita selesaikan.

Dan yang terakhir adalah ini, membangun peradaban. Dari yang kita sebelumnya, lewat jalan kecil-kecil di kampung, lebih baik lagi, meningkat jalan-jalan kabupaten, meningkat lagi di jalan-jalan provinsi, meningkat lagi di jalan-jalan nasional, dan sekarang adalah jalan tol yang seluruh rakyat nanti bisa menikmati sehingga sekali lagi, mobilitas orang, mobiltas barang, mobilitas jasa, semuanya akan lebih cepat lagi.

Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang baik ini dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, saya resmikan Jalan Tol Trans Sumatera Ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung.

Terima kasih.

Wassalamualaikum Warahmatulah Wabarakatuh.