Menuju konten

Rapat Terbatas Mengenai Penanganan Situasi Keamanan di Papua dan Papua Barat

Assalamualaikum Warahmatulah Wabarakatuh.

Pada kali ini, rapat terbatas akan kita bahas mengenai penanganan situasi terakhir di Papua dan saya tegaskan bahkan juga telah saya sampaikan sebelumnya bahwa untuk menjaga keamanan dan menjaga ketertiban, saya telah memerintahkan kepada aparat keamanan untuk bertindak tegas pada siapapun yang melanggar hukum, merusak fasilitas umum, merusak fasilitas publik kemudian juga tidak ada toleransi pada perusuh dan pelaku tindakan-tiondakan anarkis.

Saya ulang lagi, saya perintahkan kepada apparat keamanan untuk bertindak secara tegas pada siapapun yang melakukan tindakan rasialis dalam bentuk apapun. Dan saya sudah mendapatkan laporan tindakan hukum sudah dilakukan baik proses hukum pada oknum sipil maupun oknum militer yang melakukan tindakan itu juga dikerjakan tanpa terkecuali.

Dan saya juga telah perintahkan agar situasi keamanan dan ketertiban di Papua dan Papua Barat juga dijaga dan segera secepat-cepatnya dipulihkan. Semua warga negara tanpa kecuali, semuanya, harus dilindungi dan dijaga harkat dan martabatnya.

Kerusakan fasilitas umum juga segera diperbaiki sehingga aktivitas ekonomi, aktivitas pendidikan, pelayanan kepada publik, dan aktivitas pemerintahan bisa dikembalikan normal kembali.

Saya percaya bahwa warga di Papua adalah warga cinta damai, cinta pada bangsa dan negara, juga cinta pada Merah Putih.

Saya rasa itu sebagai pengantar yang bisa saya sampaikan dan saya juga ingin mendapatkan laporan secara singkat dan juga step-step yang telah dilakukan meskipun hampir setiap 2 jam – 3 jam dari Ka BIN, Kapolri…

(rapat terbatas dilanjutkan secara tertutup)